Senin, 14 November 2011

GOOD PRACTICE OF MATHEMATICS TEACHING THROUGH LESSON STUDY AND TEACHERS PROFESSIONAL DEVELOPMENT


GOOD PRACTICE OF MATHEMATICS TEACHING
THROUGH LESSON STUDY AND TEACHERS
PROFESSIONAL DEVELOPMENT
By Marsigit
Reviewed by Khilmi Nur Ma’rifah
Keputusan Sisdiknas No 20 tahun 2003, Indonesia harus mengembangkan Sistem Pendidikan kecerdasan dan keterampilan individu, mempromosikan perilaku yang baik, patriotisme, dan tanggung jawab sosial, harus mendorong sikap positif dari kemandirian dan pembangunan. Meningkatkan kualitas pengajaran yang salah satu tugas yang paling penting dalam meningkatkan standar pendidikan di Indonesia.
Program-program yang telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas pengajaran adalah perbaikan kualitas guru; penyediaan fasilitas belajar dan peralatan; perbaikan kurikulum untuk dasar pendidikan, pengembangan dan pemanfaatan teknologi komunikasi untuk pendidikan pendukung proses belajar mengajar. Peningkatan kualitas pengajaran telah menjadi salah satu persoalan mendasar dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.Kualitas proses belajar mengajar terkait erat dengan apa yang siswa lakukan di ruang kelas.
Berdasarkan Keputusan Menteri No 22,, 23 24 tahun 2006, dimulai pada Juni 2006, Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk menerapkan kurikulum baru untuk pendidikan dasar dan menengah, yang disebut KTSP "Kurikulum Berbasis Sekolah". Kurikulum ini Berbasis Sekolah menggabungkan dua paradigma dalam yang, satu sisi menekankan pada kompetensi siswa, sementara sisi lain yaitu proses belajar siswa.
Tujuan pengajaran pembelajaran matematika adalah sebagai berikut:
1. untuk memahami konsep matematika, menjelaskan hubungan antara mereka dan untuk
menerapkan dalam memecahkan masalah secara akurat dan efisien.
2. untuk mengembangkan kemampuan berpikir dalam belajar pola dan karakteristik matematika, untuk memanipulasi dalam rangka untuk generalisasi, untuk membuktikan dan untuk menjelaskan ide-ide dan proposisi matematika.
3. untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah yang mencakup memahami masalah, menguraikan mathmatical model, pemecahan mereka dan memperkirakan hasil.
4. mengkomunikasikan ide-ide matematika dengan menggunakan simbol, tabel, diagram dan media lainnya.
5. untuk mengembangkan apresiasi dari penggunaan matematika di Lifes harian, keingintahuan, pertimbangan, dan untuk mengembangkan kemauan dalam matematika belajar serta tangguh dan percaya diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar