Senin, 21 November 2011

The Effort to Increase the Student’s Motivation in Mathematics Learning with Some Teaching Aids in Junior High School 5 Wates, Kulon Progo, Yogyakarta, Indonesia


The Effort to Increase the Student’s Motivation
in Mathematics Learning with Some Teaching Aids
in Junior High School 5 Wates, Kulon Progo, Yogyakarta, Indonesia
By Marsigit
Reviewewd by Khilmi Nur Ma’rifah
Salah satu upaya guru dalam meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika di Sekolah Menengah Pertama adalah dengan membuat proses belajar matematika menjadi menyenangkan. Penggunaan beberapa alat bantu pengajaran dan alat untuk demonstrasi
diharapkan dapat membantu proses abstraksi siswa, yang meliputi
kesulitan siswa dalam belajar.
Penelitian dilakukan di kelas 2 di SMP 5 Wates, Kulon Progo Yogyakarta, Indonesia tahun akademik 2001/2002. Pendekatan penelitian ini adalah untuk memilih dan menggunakan alat bantu mengajar, yang digunakan sebagai model pembelajaran dalam belajar mengajar matematika melalui penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memilih dan menggunakan alat bantu pengajaran yang digunakan sebagai model pembelajaran matematika untuk meningkatkan motivasi siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian tindakan dengan menggunakan beberapa alat
bantu seperti kartu bermain, kertas simpul,
transparansi kertas, benang sipat, tiga bilah kayu dapat digunakan sebagai model dalam proses belajar mengajar matematika untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar matematika. Hal ini menunjukkan bahwa keaktifan siswa dalam melakukan worksheet meningkat pada sesi jawaban-pertanyaan dan diskusi dan juga terjadi ketika mereka berada di luar kelas.
Keberhasilan proses belajar mengajar matematika dipengaruhi peran guru sebagai informator, komunikator, dan fasilitator. Metode mengajar yang digunakan oleh guru sebaiknya dapat meningkatkan interaksi antara guru, siswa, dan prestasi belajar siswa. Sampai sekarang, kita masih mendengar banyak siswa yang mengeluh bahwa matematika dipandang sebagai subjek menakutkan, tidak menarik, dan sulit untuk dilakukan, juga tidak terkait banyak kebutuhan sehari-hari. Hal ini dibuktikan oleh nilai dari Ujian Nasional, yang masih lebih rendah dari yang diharapkan.
Salah satu upaya guru dalam meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika di Sekolah Menengah Pertama adalah dengan membuat pembelajaran matematika menjadi menyenangkan dan mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari. Dengan memaksimalkan
penggunaan beberapa alat bantu pengajaran dan alat untuk demonstrasi itu
diharapkan dapat mengurangi kesulitan siswa dalam belajar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar