GOOD PRACTICE OF MATHEMATICS TEACHING
THROUGH LESSON STUDY AND TEACHERS
PROFESSIONAL DEVELOPMENT
By Marsigit
Reviewed by Khilmi Nur Ma’rifah
Keputusan
Sisdiknas No 20 tahun 2003, Indonesia harus mengembangkan Sistem Pendidikan kecerdasan dan
keterampilan individu, mempromosikan perilaku yang baik, patriotisme, dan
tanggung jawab sosial,
harus mendorong
sikap positif dari kemandirian dan pembangunan. Meningkatkan kualitas
pengajaran yang
salah satu
tugas yang paling penting dalam meningkatkan standar pendidikan di Indonesia.
Program-program
yang telah dilakukan
untuk meningkatkan kualitas pengajaran adalah perbaikan kualitas guru;
penyediaan fasilitas belajar dan peralatan; perbaikan kurikulum untuk dasar
pendidikan, pengembangan dan pemanfaatan teknologi komunikasi untuk pendidikan pendukung proses
belajar mengajar. Peningkatan kualitas pengajaran telah menjadi salah
satu persoalan mendasar dalam peningkatan kualitas pendidikan di
Indonesia.Kualitas proses belajar mengajar terkait erat dengan apa yang siswa
lakukan di ruang kelas.
Berdasarkan
Keputusan Menteri No 22,, 23 24 tahun 2006, dimulai pada Juni 2006, Pemerintah
Indonesia
berkomitmen
untuk menerapkan kurikulum baru untuk pendidikan dasar dan menengah, yang
disebut
KTSP "Kurikulum
Berbasis Sekolah". Kurikulum ini Berbasis Sekolah menggabungkan dua
paradigma dalam
yang, satu sisi
menekankan pada kompetensi siswa, sementara sisi lain yaitu proses belajar siswa.
Tujuan
pengajaran
pembelajaran
matematika adalah sebagai berikut:
1. untuk memahami konsep matematika, menjelaskan hubungan antara mereka dan untuk menerapkan dalam memecahkan masalah secara akurat dan efisien.
1. untuk memahami konsep matematika, menjelaskan hubungan antara mereka dan untuk menerapkan dalam memecahkan masalah secara akurat dan efisien.
2. untuk
mengembangkan kemampuan berpikir dalam belajar pola dan karakteristik
matematika, untuk memanipulasi dalam rangka untuk generalisasi, untuk membuktikan dan
untuk menjelaskan
ide-ide dan proposisi matematika.
3. untuk
mengembangkan keterampilan pemecahan masalah yang mencakup memahami masalah,
menguraikan
mathmatical
model, pemecahan mereka dan memperkirakan hasil.
4.
mengkomunikasikan ide-ide matematika dengan menggunakan simbol, tabel, diagram
dan media lainnya.
5. untuk
mengembangkan apresiasi dari penggunaan matematika di Lifes harian,
keingintahuan, pertimbangan, dan untuk mengembangkan kemauan dalam matematika belajar serta
tangguh dan percaya diri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar